Kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 13, 8,10,14

kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 13, kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 23, kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 2, kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 31, urutan peristiwa pada cerita semut dan beruang,
kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 13
kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 13, kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 23, kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 2, kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 31, urutan peristiwa pada cerita semut dan beruang,

Kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 13 – Kunci jawaban Tema 8 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 2 tepatnya terdapat pada halaman 8, 10, 13, 14.

Selain membahas wacana jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman bahan Tema 8 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 2 Subtema 1.

Kunci jawaban tematik Tema 8 kelas 5 pada Subtema 1 Pembelajaran 2 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu SBDP, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa ibarat ini diharapkan sanggup membantu penerima didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 8 yang nantinya mempunyai kegunaan pada ketika evaluasi harian (PH), penialain tengah semester (PAS), evaluasi tamat tahun (PAT), maupun pada ketika mengerjakan kiprah pekerjaan rumah (PR).

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 2

Daftar Isi

Hari itu Siti dan teman-teman mempelajari lagu baru. Lagu itu berjudul “Air Terjun” ciptaan A.T. Mahmud. Inilah lagu yang dipelajari Siti dan teman-teman.

Ayo Bernyanyi

Pelajarilah lagu “Air Terjun” hingga kau sanggup menyanyikan dengan baik dan benar. Kemudian, nyanyikan bersama teman-temanmu.

Jika perlu, gunakan alat musik yang ada di sekitarmu untuk mengiringi. Perhatikan keselarasan bunyi dan musik (jika kalian memakai alat musik).

Lagu yang kau pelajari bercerita wacana air. Air sangat penting bagi kehidupan di bumi. Setiap hari kita membutuhkan air untuk banyak sekali keperluan, mulai dari membersihkan diri hingga memasak.

Ingatlah kegiatanmu memakai air mulai dari bangun pagi hingga ketika ini. Begitu seringnya kita memakai air sehari-hari. Dari mana asal air? Bagaimana alam menjaga ketersediaan air?

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 8

Ayo Mengamati

Buatlah kelompok beranggotakan 4-5 siswa. Bersama kelompokmu perhatikan gambar berikut.

1. Ceritakan gambar di atas.

Gambar di atas yaitu siklus air. Siklus air merupakan sirkulasi (perputaran) air secara terus-menerus dari bumi ke atmosfer, kemudian kembali ke bumi. Siklus air ini terjadi melalui proses penguapan, pengendapan, dan pengembunan.

2. Proses apa sajakah yang terjadi pada gambar tersebut? Coba jelaskan.

Proses yang terjadi pada gambar di atas yaitu penguapan, pengendapan dan pengembunan. Air di laut, sungai, dan danau menguap akhir panas dari sinar matahari. Uap air dari permukaan bumi naik dan berkumpul di udara. Lama-kelamaan, udara tidak sanggup lagi menampung uap air (jenuh). Proses ini disebut presipitasi (pengendapan). Ketika suhu udara turun, uap air akan bermetamorfosis titik-titik air. Titik-titik air ini membentuk awan. Proses ini disebut kondensasi (pengembunan).

Ceritakan hasil pengamatan kelompokmu. Lakukan bergantian dengan kelompok lain.

Kamu telah melaksanakan pengamatan dan menceritakan gambar. Peristiwa yang terjadi pada gambar yang kau amati itu disebut siklus air. Bacalah bacaan berikut untuk menambah pengetahuanmu.

Ayo Membaca

Siklus Air

Manusia selalu membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari. Kegunaan air antara lain untuk keperluan rumah tangga, pertanian, industri, dan untuk pembangkit listrik. Begitu besarnya kebutuhan insan akan air. Kita bersyukur, air senantiasa tersedia di bumi. Oleh sebab itu, insan seharusnya senantiasa bersyukur kepada Tuhan pencipta alam.

Mengapa air selalu tersedia di bumi? Air selalu tersedia di bumi sebab air mengalami siklus. Siklus air merupakan sirkulasi (perputaran) air secara terus-menerus dari bumi ke atmosfer, kemudian kembali ke bumi. Siklus air ini terjadi melalui proses penguapan, pengendapan, dan pengembunan. Perhatikan skema proses siklus air berikut ini!

kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 13, kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 23, kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 2, kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 31, urutan peristiwa pada cerita semut dan beruang,
kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 13

Air di laut, sungai, dan danau menguap akhir panas dari sinar matahari. Proses penguapan ini disebut evaporasi. Tumbuhan juga mengeluarkan uap air ke udara. Uap air dari permukaan bumi naik dan berkumpul di udara. Lama-kelamaan, udara tidak sanggup lagi menampung uap air (jenuh). Proses ini disebut presipitasi (pengendapan). Ketika suhu udara turun, uap air akan bermetamorfosis titik-titik air. Titik-titik air ini membentuk awan. Proses ini disebut kondensasi (pengembunan).

Titik-titik air di awan selanjutnya akan turun menjadi hujan. Air hujan akan turun di darat maupun di laut. Air hujan itu akan jatuh ke tanah atau perairan. Air hujan yang jatuh di tanah akan meresap menjadi air tanah. Selanjutnya, air tanah akan keluar melalui sumur.

Air tanah juga akan merembes ke danau atau sungai. Air hujan yang jatuh ke perairan, contohnya sungai atau danau, akan menambah jumlah air di daerah tersebut. Selanjutnya air sungai akan mengalir ke laut. Namun, sebagian air di sungai sanggup menguap kembali. Air sungai yang menguap membentuk awan bersama dengan uap dari air maritim dan tumbuhan. Proses siklus air pun terulang lagi.

Dari proses siklus air itu sanggup disimpulkan bahwa bekerjsama jumlah air di bumi secara keseluruhan cenderung tetap. Hanya wujud dan tempatnya yang berubah.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 10

Ayo Mencoba

Kamu telah membaca teks “Siklus air”. Bersama kelompokmu, gambarlah sketsa sederhana karyamu sendiri untuk menjelaskan siklus air.

Tambahkan kalimat-kalimat untuk menjelaskan proses siklus air. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelompok lain dan Bapak/Ibu Guru.

Air sangat diharapkan bagi kelangsungan hidup di bumi. Semua makhluk hidup membutuhkan air. Banyak cara dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan air. Bacalah dongeng wacana air berikut.

Ayo Membaca

Semut dan Beruang

Pada suatu hari, Beri si Beruang melihat ke dalam mata air. Beri mengeluh, “Sepertinya air di mata air ini semakin sedikit saja. Pasti bangsa semut terlalu banyak mengambil air!” Beri kemudian menundukkan kepala, melihat ke tanah dengan teliti. Ah, ia melihat seekor semut hitam berjalan membawa guci mungil di pundak.

“Berhenti, semut!” teriaknya. “Aku tak akan membiarkanmu mengambil air di sumber airku lagi. Kamu sudah terlalu banyak mengambil air. Berhenti atau kucakar kau!” ancam Beri Beruang.

Semut hitam kecil itu tidak memperhatikan teriakan Beri. Ia merangkak ke bawah beberapa helai daun kering. Ia terus berjalan menuju sumber mata air. Beri mencakar dan mengendus daun-daun sambil berteriak, “Tak ada gunanya sembunyi! Aku sanggup menemukanmu!”

Semut hitam berteriak dari arah belakang Beri, “Kenapa kau pelit sekali? Bayi-bayi semut di lembah semut sangat kehausan. Air di mata air ini kan masih banyak sekali. Bahkan masih cukup untuk seribu rusa.”

“Dengar kataku!” geram Beri sambil membalik tubuhnya. “Aku tak akan memberikanmu air lagi. Semua semut dihentikan mengambil air di sini lagi!” Semut Hitam melongo sebentar. Lalu katanya, “Apa boleh buat, kalau kau sudah memutuskan begitu! Tapi saya tetap akan mengambil air untuk bayi-bayi semut di lembah!”

Beri beruang sangat marah. Namun, Semut Hitam sudah menghilang lagi ke bawah daun-daun kering. Beri mencarinya, tetapi ia tidak melihat apa-apa di rumput. Akhirnya ia kembali dengan jengkel ke sarangnya di bersahabat pohon oak.

Semut-semut yang haus menunggu di lembah semut. Setelah menunggu cukup lama, balasannya mereka berbaris menuju mata air. Salah satu semut melihat guci air milik Semut Hitam yang tergeletak di jalan.

“Pasti Semut Hitam menerima masalah. Lihatlah! Ini gucinya, tapi beliau tidak tampak!” Mereka memungut guci itu dan terus berjalan.

Saat itu seekor kelinci mengintip dari balik semak. Kelinci itu mengangkat telinganya dan berbisik, “Jangan pergi ke mata air itu. Pulanglah, kalian dalam bahaya. Beri sedang marah. Ia bilang, air di mata airnya berkurang. Ia akan mencakar semut-semut yang berani mengambil air dari mata airnya!”.

Akan tetapi semut-semut itu tidak takut. “Mana beruang itu sekarang?” tanya mereka.

“Ia sedang di rumahnya beristirahat,” jawab Kelinci.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *