Beberapa Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard untuk Pemula

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard
Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

Kemungkinan laptop error saat digunakan pengguna tentu saja sering terjadi. Hal tersebut dikarenakan beban berat pekerjaan yang membuat sistem kinerja laptop melemah. Sayangnya dalam kondisi seperti terkadang tidak bisa dimatikan sehingga cara mematikan laptop dengan keyboard alternatifnya.

Langkah-langkah Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

Bagi sebagian orang-orang yang sering menggunakan laptop mungkin sudah sangat hafal bagaimana caranya mengatasi eror. Namun, cara mematikan laptop CTRL apa bagi pemula tidak akan tahu, oleh karena itu berikut ini beberapa cara beserta langkahnya mematikan laptop dengan keyboard.

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard
Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard
  1. Cara Mematikan Laptop dengan ALT+F4

Saat laptop eror tentunya kursor tidak akan bisa bergerak kesana kemari, bahasa sekarang biasa disebut lemot lalu terhenti. Dengan begitu salah satu kesempatan yang ada hanya keyboard. Lalu bagaimana cara mematikan laptop jika tidak bisa di shutdown? Berikut langkah dan caranya.

  • Pastikan semua program sudah tertutup, jika belum tidak masalah asalkan data-data sudah tersimpan rapi di folder penyimpanan
  • Temukan dahulu tombol ALT, terletak di sebelah kanan dan kiri spasi lalu F4 berada di deretan paling atas
  • Jika sudah menemukannya, klik secara bersamaan kedua tombol tersebut
  • Nantinya akan muncul notifikasi pilihan, lalu pilih shutdown menggunakan panah dan enter pada keyboard
  • Tunggu sesaat laptop akan mati dengan sendirinya

Cara mematikan laptop menggunakan keyboard memang alternatif terbaik saat laptop mengalami freezing. Gangguan pada sistem yang mengakibatkan semua proses membeku tidak bergerak. Tentu saja satu-satunya cara adalah mematikan secara paksa sehingga program beristirahat.

  1. Mematikan Laptop dengan tombol CTRL+ALT+DEL

Banyak jalan menuju China begitu juga cara-cara melakukan shutdown pada laptop menggunakan keyboard saat terjadi eror. Banyak orang lupa dan bertanya shutdown itu CTRL apa? Jawabannya ada pada langkah cara dibawah ini. Berikut langkah-langkah beserta caranya.

  • Seperti pada sebelumnya, usahakan semua program sudah tertutup kecuali jika memang terhenti karena error
  • Cari tombol CTRL dan DEL, jika sudah dipasangkan bersama ALT
  • Ketiga tombol tersebut letaknya berdekatan sehingga kalian tidak terlalu sulit menemukannya
  • Lalu secara bersamaan tekan trio shutdown tersebut
  • Setelah itu tekan tombol power dan pilih opsi shutdown
  • Tunggu sebentar hingga layar laptop mati, baru bisa melepaskan tangan dari ketiga tombol-tombol tadi

Memang benar bahwa sebenarnya pengguna lebih sering memanfaatkan cara ini walaupun banyak alternatif lainnya. Alasannya beragam, salah satunya karena praktis serta mudah diingat. Masing-masing orang mempunyai kemampuan mengingat sendiri, sehingga tercipta beragam cara mematikan laptop.

  1. Mematikan Laptop dengan Menggunakan CMD

Selain dua cara di atas, masih ada lagi penggunaan keyboard dengan CMD. Cara dan langkahnya tidak berbeda jauh dengan teman sebelumnya hanya saja letak tombolnya saja berbeda juga masuk ke dalam sistemnya pun tidak sama. Berikut langkah-langkah dan caranya mematikan laptop melalui CMD.

  • Temukan tombol dengan logo windows, lalu tekanlah bersama huruf R
  • Lalu ketik CMD dan enter
  • Setelahnya laptop akan mati secara langsung seketika berbeda dengan cara pertama kedua yang membutuhkan proses serta pemilihan shutdown

Dengan begitu bisa ditebak mengapa beberapa orang lebih sering menggunakan cara di atas daripada sebelumnya. Selain praktis, otomatis sistem akan langsung berhenti sehingga tidak membutuhkan waktu memproses. Cara tersebut cocok digunakan ketika laptop benar-benar down serta eror.

  1. Memanfaatkan Tombol Window (WIN) dan X untuk Mematikan Laptop

Cara yang terakhir adalah penggunaan tombol misterius WIN atau Window yang terletak disebelah ALT bersama X untuk mematikan laptop. Jika kita mematikan komputer dengan menggunakan keyboard tombol apa saja yang kita tekan? Salah satu jawabannya adalah cara sekaligus langkah-langkah berikut.

  • Jika sudah menemukan dan tahu letak tombolnya, langsung saja tekan tombol WIN+X secara bersamaan
  • Lalu setelahnya akan muncul beberapa pilihan, jangan bingung memilihnya menggunakan apa sedangkan posisi laptop sedang freezing
  • Dengan tombol tab dan panah pilih shutdown lalu enter
  • Tunggu beberapa saat hingga laptop benar-benar mati baru bisa menutup layarnya
  • Jika proses mematikan laptop belum sempurna tetapi sudah tertutup layarnya bisa merusak komponen di dalamnya sehingga diusahakan benar-benar mati

Begitulah cara terakhir mematikan laptop menggunakan keyboard. Untuk diperhatikan, sebaiknya berhati-hati ketika akan menggunakan cara-cara tersebut. Hal ini karena sebenarnya barang tersebut rentan jika satu komponen saja mengalami masalah. Tidak ada salahnya tetap rutin melakukan pengecekan.

Selain itu, sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan sebaiknya lebih perhatikan lagi bagaimana menggunakan laptop. Pastikan beberapa aplikasi tertutup ketika akan mematikannya dan jangan menumpuk membuka beberapa web karena juga akan memperlambat kinerja laptop.

Beberapa langkah dan cara mematikan laptop dengan keyboard di atas tidak semua orang merasa mudah melakukannya. Meskipun sudah dijelaskan detail terkadang untuk mempraktekkannya membutuhkan bantuan non fisik seperti artikel tutorial tersebut. Ingatlah berhati-hati pada laptop.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *