
Biaya Iklan Google Ads untuk Promosi
Daftar Isi

Promosi bisnis melalui online memang terlihat sangat menguntungkan. Hal ini disebabkan karena zaman sekarang, penggunaan layanan mesin pencari semakin meningkat. Iklan Google Ads yang sudah kita pasang juga akan sangat memungkinkan untuk dilihat oleh banyak orang.
Beberapa hari yang lalu, kami juga sudah membuat beberapa artikel mengenai iklan Google Ads, mulai dari panduan beriklan yang tepat, cara membuatnya, sampai memasang iklannya, yang bisa didapatkan pada link dibawah ini secara gratis.
- Panduan Cara Menggunakan Google Ads (Adwords) Lengkap dan Gratis
- Cara Membuat Akun Google Ads (AdWords) Untuk Beriklan Dengan Mudah
- Jenis-Jenis Iklan Google Ads (AdWords) untuk Promosi Bisnis
- Cara Beriklan Menggunakan Google Ads (AdWords) Secara Lengkap dan Gratis
Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghitung biaya iklan Google Ads yang harus kita bayarkan. Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini:
Cara Menentukan Harga dan Biaya Iklan Google Ads

Untuk mengetahui biaya iklan Google Ads yang harus kita persiapkan sebelum memasangnya, ada 5 hal utama yang harus kita perhatikan terlebih dahulu, yaitu:
- Perhatikan Kata Kunci (Keyword)
- Intensitas Pencarian Kata Kunci (Keyword)
- Rekomendasi Biaya Iklan dari Google
- Input Estimasi CTR (Click Through Rate)
- Akumulasi
1. Memperhatikan Kata Kunci yang Digunakan

Akan tetapi, diantara banyaknya pilihan tersebut, ada beberapa kata kunci yang memiliki kisaran biaya Google Ads yang berbeda. Semakin banyak demand dari kata kunci yang di pilih, maka akan semakin besar juga biaya yang harus kita bayarkan tiap per satu kali klik nya.
2. Melihat Intensitas Pencarian Kata Kunci (Keyword)

Sebisa mungkin, pilihlah kata kunci atau keyword yang memiliki intensitas paling tinggi. Sehingga bisa meningkatkan efektifitas iklan Google Ads milik kita.
Untuk mengetahui kata kunci yang tepat dan seberapa banyak jumlah pencarian keyword yang akan kita gunakan pada iklan Google Ads, maka kita bisa menggunakan tools gratis maupun berbayar dari Ubersuggest.
Cara menggunakan Ubersuggerst ini sangat mudah, kita hanya perlu mengikuti tutorial dibawah ini:
- Panduan Cara Menggunakan Google Ads (AdWords) Lengkap dan Gratis
- Cara Menggunakan Iklan Google Ads untuk Promosi
- Jenis-Jenis Iklan Google Ads (AdWords) untuk Promosi Bisnis
- Masukkan kata kunci yang akan digunakan pada iklan Google Ads (AdWords) milik kita.
- Setting filter bahasanya ke dalam Bahasa Indonesia.
- Kemudian, klik tombol OK.
- Terakhir, kita hanya perlu menunggu hasil ditampilkan dalam bentuk tabel yang sangat mudah untuk kita pahami.
3. Melihat Rekomendasi Biaya Iklan Google Ads
Masih menggunakan tools dari Ubersuggest, disini kita juga bisa melihat rekomendasi biaya iklan Google Ads yang disarankan secara otomatis oleh Google. Harga ini sudah tercantum pada halaman yang sama di pencarian intensitas kata kunci.
Hanya berbeda pada fokus kolomnya saja, biaya iklan Google Ads per klik yang direkomendasikan oleh Google ditampilkan pada kolom CPC (Cost Per Click).
4. Melihat Estimasi pada CTR
Contohnya saja, apabila iklan Google Ads kita sudah ditayangkan sebanyak 100 kali, kemudian diperkirakan ada 15 orang yang akan mengeklik iklan tersebut, maka besaran CTR adalah 15%. Ekspektasi CTR ini selanjutnya bisa disesuaikan dengan keinginan kita.
5. Melakukan Akumulasi dari Keempat Hal Diatas
Misalnya saja, kita akan menggunakan kata kunci ‘Jasa Iklan Google Ads‘. Dalam sebulan, kata kunci jasa iklan Google Ads di Indonesia dicari sebanyak 320 kali, dan untuk Global sebanyak 1900.
Kemudian, Google menawarkan rekomendasi CPC sebesar Rp 1.160.000 , dan estimasi CTR yang kita masukkan adalah 15%. Maka iklan Google Ads (AdWords) yang kita pasang dengan menggunakan kata kunci ‘Jasa Iklan Google Ads‘ ini akan membutuhkan biaya sebesar = 320 x 1.160.000 x 15% = Rp 55.680.000
Itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai perkiraan biaya iklan Google Ads untuk mempromosikan produk, baik itu bisnis maupun usaha yang kita miliki supaya bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi.