Coba Anda Sebutkan Struktur Teks Prosedur

Coba Anda Sebutkan Struktur Teks Prosedur

Diposting pada

Struktur teks prosedur – Pernahkah Anda membaca teks prosedur? Action text adalah jenis teks yang berisi informasi tentang bagaimana melakukan sesuatu. Saat menulis teks prosedur, ada juga struktur kebahasaan dan tata bahasa yang harus diperhatikan juga.

Secara umum, konsep teks prosedur adalah jenis teks yang berisi tentang cara-cara melakukan atau melakukan sesuatu, yang dijelaskan langkah demi langkah secara konsisten dan rinci. Jenis teks ini membantu kita melakukan sesuatu dengan benar dan tepat.

Secara umum, tujuan utama dari Struktur teks prosedur adalah untuk memberikan informasi dan penjelasan tentang langkah-langkah melakukan sesuatu. Skrip prosedural juga dapat dibagi menjadi skrip dan protokol sederhana dan kompleks, masing-masing dengan tingkat kerumitan yang berbeda.

Teks prosedur harus objektif, logis, terkini dan akurat. Penjelasan dalam teks prosedur harus dijelaskan secara rinci dan berurutan agar pembaca dapat menerima informasi dengan baik. Selain itu, struktur teks prosedur juga harus tertata dengan baik.

Coba Anda Sebutkan Struktur Teks Prosedur

Struktur teks prosedur

Saat menulis teks prosedur, ada beberapa struktur yang harus diperhatikan. Di bawah ini adalah struktur teks prosedur beserta makna dan interpretasinya.

1. Judul

Struktur pertama dari badan tindakan adalah judul. Tujuan dari judul adalah judul utama dari langkah-langkah yang akan dilakukan. Kehadiran judul memungkinkan kita untuk mengetahui apa yang akan dibahas dalam teks. Misalnya, “Cara membuat kopi”, “Cara mengedit foto”, dll.

 

2. Tujuan (Kalimat Pengantar)

Kemudian ada struktur tujuan atau kalimat pengantar. Bagian ini berisi kalimat pembuka penulis mengenai latar belakang teks prosedur. Selain itu, juga menjelaskan fungsi dan tujuan dari how-to text ini.

 

3. Bahan dan peralatan

Bagian selanjutnya adalah persediaan dan peralatan. Bagian ini menjelaskan bahan dan peralatan yang dibutuhkan terkait dengan langkah-langkah yang akan dibahas. Ini juga menjelaskan metode yang digunakan dalam teks prosedur.

 

4. Langkah-langkah

Struktur prosedural utama adalah langkah-langkahnya. Bagian ini menjelaskan langkah-langkah proses teks prosedur dalam kaitannya dengan beberapa kegiatan yang dijelaskan secara rinci dan berurutan dari awal sampai akhir. Bagian ini merupakan inti dari teks prosedur.

 

5. penutup

Struktur terakhir dari teks tindakan adalah bagian penutup. Bagian ini berisi kalimat terakhir penulis. Selain itu, manfaat dan motivasi untuk melakukan langkah-langkah yang dijelaskan juga ditekankan. Bagian ini opsional, dan mungkin disertakan atau tidak.

 

Aturan bahasa teks prosedur

Sebagai sebuah jenis teks, tentunya ada juga grammar yang menjadi ciri khas dari teks prosedural ini. Berikut adalah tata bahasa untuk teks prosedur secara keseluruhan.

Doa atau imperatif, yang berfungsi untuk memerintahkan atau mencegah seseorang melakukan sesuatu.
Kalimat atau pernyataan deklaratif, yang berfungsi untuk memberikan informasi atau berita tentang sesuatu.
Kalimat atau pertanyaan interogatif, yang berfungsi untuk menanyakan informasi tentang sesuatu.
Konjugasi temporal atau kata-kata terhubung, yang berfungsi untuk menunjukkan waktu kegiatan yang ada dan bersifat temporal.

Kata kerja fisik, yang mengacu pada tindakan fisik atau aktivitas kerja yang akan dilakukan.
Kata kerja perilaku, yang mengacu pada tindakan yang dilakukan menggunakan ekspresi.
Peserta manusia adalah semua manusia yang berpartisipasi dalam skrip prosedur.
Nomor tag, yang berfungsi sebagai tag untuk kronologi kegiatan.
Berikut adalah lima acuan struktur teks prosedur beserta pengertian dan penjelasannya secara lengkap. Secara umum, bagian teks prosedur terdiri dari judul, tujuan (kalimat pengantar), bahan, peralatan, langkah, dan penutup.

Gambar Gravatar
Berawal dari ketidaktahuan sehingga timbul keingintahuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *