manfaat merendam kaki dengan air es

manfaat merendam kaki dengan air es
manfaat merendam kaki dengan air es

manfaat merendam kaki dengan air es

Manfaat air es tidak hanya untuk dinikmati sebagai pelepas dahaga di kala terik cuaca. Tetapi manfaat air es juga bisa untuk mengatasi masalah kesehatan.

Air es bisa dimanfaatkan salah satunya untuk merendam kaki. Biasanya orang cenderung lebih memilih merendam kaki dengan air hangat. Padahal selain air hangat, merendam kaki di air es juga memberikan manfaat yang luar biasa. Kaki adalah bagian tubuh yang banyak sarafnya terhubung ke seluruh organ tubuh. Selain itu, kaki sering merasa stres dan lelah.

Merendam kaki dalam air es bisa menjadi solusi aman untuk melawan berbagai penyakit. Manfaat merendam kaki dalam air es selama 10-15 detik sehari dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Padahal, cara ini bisa menjadi cara yang efektif untuk mencegah flu. Lalu apa saja manfaat merendam kaki di air es? Lihat di bawah untuk informasi lengkapnya.
Manfaat merendam kaki di air es
Tidak hanya bisa diminum, es juga bisa membasuh kaki saat basah. Air es memiliki manfaat lain yang tidak terduga. Dengan hanya menyiapkan air dingin di wastafel dan kemudian menambahkan es segar, Anda dapat merasakan perasaan dan manfaat kaki Anda di lebih banyak air es.

1. Terapi nyeri otot

Manfaat pertama merendam kaki di air es adalah terapi untuk mengobati nyeri otot. Kaki sering terasa sakit setelah seharian beraktivitas. Untuk mengatasinya, Anda bisa merendam kaki dalam air es selama kurang lebih 5 menit.
Anda mungkin merasa kesemutan saat memulai terapi. Namun, Anda akan merasakan manfaat merendam kaki di air es keesokan harinya. Nyeri otot yang Anda rasakan akan hilang. Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengobati nyeri otot di bagian tubuh lainnya. Saat tidak direndam, Sahabat Dream bisa mengompres bagian tubuh dengan air es yang dibungkus dengan handuk atau kain.

2. Meredakan nyeri keseleo

Kaki berperan penting dalam menunjang pergerakan tubuh. Selama aktivitas berat atau ringan, kaki sering melemah.
Keseleo kaki biasanya diatasi dengan berendam di air es atau diperas. Rasa dingin es digunakan sebagai cara untuk melegakan kaki Anda.

Metode pengawetan air es memiliki nama ilmiah yaitu RICE (istirahat, es, tekan dan tinggi). Manfaat merendam kaki dalam air es dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan. Jika Anda mengalami keseleo, Anda bisa merendam kaki di air es setidaknya selama 10 hingga 20 menit.

3. Terapi relaksasi

Manfaat merendam kaki dalam air es adalah dapat memberikan efek relaksasi pada otot-otot tubuh. Rasa dingin es membantu mengembalikan konsentrasi kepenatan dari aktivitas sehari-hari yang sibuk. Jika kondisi tubuh tetap terjaga, seseorang bisa terhindar dari stres yang menjadi penyebab utama penyakit tersebut. Oleh karena itu, manfaat merendam kaki dengan air es bisa menjadi terapi untuk relaksasi.
Mengatasi sakit kepala
Manfaat merendam kaki dalam air es juga bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala. Rendam kaki Anda dalam air es selama sekitar 1 menit. Rasa dingin air es bisa mengubah tekanan darah di otak.

5. Mendukung sirkulasi darah

Manfaat merendam kaki dalam air es bisa dijadikan solusi untuk melancarkan peredaran darah. Caranya sangat sederhana, yaitu membasuh kaki dengan air hangat selama 2 menit lalu segera pindahkan ke air dingin selama 30 menit.

Itulah beberapa manfaat merendam kaki di air es yang perlu Anda ketahui. Anda bisa menggunakan teknik ini sebagai terapi harian untuk mengatasi kelelahan kaki akibat aktivitas sehari-hari.

About Meri -

Check Also

manfaat jahe merah untuk lambung

manfaat jahe merah untuk lambung

manfaat jahe merah untuk lambung Berikut manfaat jahe merah untuk meredakan asam lambung beserta resepnya. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.