Beige hamster on a white background

Cara Merawat Hamster Dan Jenisnya

Diposting pada

Didunia ini terdapat berbagai macam binatang. Bahkan setiap karakteristik yang dimiliki oleh satu binatang dengan binatang lainnya selalu berbeda. Sebagai contohnya adalah hewan hamster. Banyak orang beranggapan bahwa hewan ini sejenis dengan tikus.

Walaupun sama-sama jenis hewan pengerat akan tetapi hewan kecil ini bukanlah tikus. Sama halnya dengan binatang lain ternyata hewan kecil yang terlihat lucu ini memiliki beberapa spesies. Bahkan setiap spesies memiliki karakteristik yang berbeda.

Hamster Syrian merupakan jenis yang pertama.

Dimana hewan ini banyak ditemukan di gurun pasir. Memiliki ukuran tubuh yang terbilang lebih besar dibandingkan dengan jenis spesies lainnya membuat gerakannya menjadi lebih lambat. Bahkan bisa dibilang hamster jenis ini bisa lebih mudah untuk dijinakkan.

Ada beberapa corak tubuh yang dimiliki oleh jenis ini seperti corak panda atau black mottled, golden, hingga cinnamon. Hal unik lain yang dimiliki oleh spesies ini terletak pada bulu panjang yang tumbuh di sekitar tubuhnya. Bulu panjang tersebut membuatnya terlihat memiliki bulu kucing anggora. Karena memiliki tingkat kejinakan tinggi membuat spesies ini disarankan untuk dipelihara.

Berbeda dengan spesies sebelumnya ternyata spesies yang kedua memiliki ukuran lebih kecil. Ya spesies ini memiliki nama Hamster Campbell. Bahkan bentuknya terlihat paling berbeda dibandingkan dengan spesies lainnya dan bisa dibilang tidak menyerupai bentuk tikus sama sekali.

Memang benar jenis ini terlihat lucu, akan tetapi sifat yang dimilikinya terlihat lebih agresif dan tergolong galak. Bahkan jika merasa terganggu akan keberadaannya hewan ini akan menggigit. Dengan begitu jika kamu tidak mengetahui bagaimana cara untuk menanganinya maka urungkan niat untuk memeliharanya. Bahkan sebisa mungkin sedikit dijauhkan dari anak kecil.

Hamster winter white atau lebih sering disebut dengan spesies HW ini memiliki karakteristik dengan spesies Campbell. Walaupun terlihat sama akan tetapi jika dilihat dari sigi tingkat kejinakannya maka hamster ini memiliki tingkat yang lebih rendah.

Sehingga banyak yang menjadikan spesies ini sebagai alternatif untuk dipelihara menggantikan hamster Campbell. Akan tetapi untuk varian warna yang dimiliki oleh hewan jenis ini terbilang lebih sedikit.

Jenis yang terakhir adalah Hamster Roborovski. Dimana jenis ini memiliki kekuatan lari yang begitu cepat. Dengan kekuatan tersebut membuat hewan jenis ini selalu dijadikan ajang balap lari. Jenis ini hanya memiliki 2 varian warna yaitu brown face dan juga white face.

Akan tetapi sangat tidak disarankan untuk dipelihara oleh anak kecil. Hal ini dikarenakan kelincahan yang dimiliki oleh jenis ini. Tak hanya harus mengetahui jenis dari hewan tersebut ternyata ketika kamu memutuskan memelihara salah satu jenisnya. Maka kamu harus memperhatikan perawatan yang harus dilakukan. Dimulai dari kadang.

Karena termasuk hewan berbadan kecil maka untuk kandang haruslah disesuaikan dengan ukurannya. Selain itu ukuran celah dari kandang sebisa mungkin pilih yan tidak terlalu lebar. Hal ini dilakukan agar hewan tidak kabur.

Sedangkan untuk makannya kalian bisa menggunakan sayuran wortel, brokoli, bayam, maupun kacang panjang. Akan tetapi hewan juga membutuhkan sebuah nutrisi maka dari itu sangat penting untuk memberikan pelet hewan.

Karena memiliki sifat yang aktif ternyata memberikan mainan seperti roda di dalam kandang ternyata adalah pilihan terbaik. Hal ini dilakukan agar sifat lincah dan keaktifan di dalam tubuhnya tersalurkan dengan baik. Dengan beberapa penjelasan diatas maka kamu akan lebih mudah untuk memelihara hamster. Sebagai orang yang menyukai hewan,anda perlu seluk beluk saat akan memelihara hewan,penjelasan diatas tadi sudah kami jelaskan tentang jenis jenis hamster yang perlu diketahui. Serta cara merawat hamster sangat amat mudah. Oleh karena itu,sebagai orang yang menyayangi hewan wajib mengetahuinya.

 

Gambar Gravatar
Berawal dari ketidaktahuan sehingga timbul keingintahuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *