Coba Anda Sebutkan Letak Geografis Indonesia
Coba Anda Sebutkan Letak Geografis Indonesia

Coba Anda Sebutkan Letak Geografis Indonesia

Diposting pada

jagotutorial.com – Letak Geografis adalah letak suatu daerah yang dilihat dari permukaan bumi. Menurut letak geografisnya, Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu benua Asia dan benua Australia, serta di antara dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

 

Coba Anda Sebutkan Letak Geografis Indonesia
Coba Anda Sebutkan Letak Geografis Indonesia

 

Sahabat cerdas yang tinggal di wilayah Indonesia sangat beruntung karena tinggal di negara yang letaknya strategis. Ayo sobat, mari belajar dari materi pembelajaran cerdas ini lebih jauh tentang letak geografis Indonesia, implikasi dan kelebihannya.

Letak geografis Indonesia

Nah, seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, letak geografis adalah letak suatu wilayah berdasarkan realitas permukaan bumi. Letak geografis juga dapat diartikan sebagai letak suatu wilayah berdasarkan letaknya dalam kaitannya dengan wilayah lain.

Menurut letak geografisnya, Indonesia terletak di antara dua benua: benua Asia di utara dan benua Australia di selatan. Indonesia juga terletak di antara dua samudera, yaitu Samudera Pasifik di sebelah timur dan Samudera Hindia di sebelah barat dan selatan.

Posisi geografis Indonesia sangat strategis karena menempati posisi internasional. Tentu saja, ada banyak pengaruh. Apa pengaruh letak geografis Indonesia? Ayo sobat, mari kita cari tahu!

  Pengaruh letak geografis Indonesia

Pengaruh letak geografis Indonesia adalah:

1. Indonesia adalah persimpangan perdagangan dan perdagangan global
Letak geografis Indonesia yang strategis selalu menjadi persimpangan lalu lintas global, baik melalui udara maupun laut. Selain itu, Indonesia juga merupakan titik persimpangan kegiatan ekonomi global, khususnya perdagangan antara negara industri dan negara berkembang. Sebagai contoh, Indonesia telah menjadi persimpangan perdagangan antara Jepang, Korea, Cina dan negara-negara di Afrika, Australia dan Eropa.

2. Indonesia memiliki 4 dari 10 kemacetan di dunia
Chokepoint adalah jalur laut internasional utama yang dilalui oleh berbagai pedagang dan kapal lain. Dari 10 kemacetan di dunia, empat berada di Indonesia, yakni Selat Malaka, Selat Sunda, Selat Lombok, dan Selat Makassar. Titik-titik strategis tersebut dilintasi oleh 40% kapal asing karena merupakan jalur utama perdagangan internasional.

3. Indonesia memiliki keragaman budaya
Keanekaragaman budaya, agama, bahasa, dan seni di Indonesia dipengaruhi oleh masuknya orang asing dari berbagai kebangsaan ke Indonesia. Selain perdagangan dan navigasi, mereka juga menyebarkan budaya dan agama di Indonesia.

4. Indonesia memiliki dua musim
Letak geografis Indonesia yang dikelilingi oleh dua benua dan dua samudera serta melewati garis khatulistiwa menjadikan Indonesia dilalui oleh angin musim barat dan musim timur.
Angin monsun barat bergerak dari benua Asia dan kemudian melintasi Samudra Hindia ke benua Australia. Muson barat ini membawa uap air dalam jumlah yang banyak sehingga menyebabkan musim hujan di Indonesia.

Angin muson bertiup dari Australia timur ke Asia. Musim timur membawa udara kering dari gurun di bagian utara benua Australia, dan juga hanya melewati laut sempit. Oleh karena itu, angin muson timur membuat Indonesia mengalami musim kemarau.

5- Kehadiran fenomena Arlindo (persimpangan jalan Indonesia)
Letak geografis Indonesia menyebabkan munculnya fenomena Arlindo. Fenomena ini terjadi karena adanya perbedaan gradien tekanan yang menyebabkan arus mengalir dari Samudera Pasifik ke Samudera Hindia. Arlindo adalah badan air utama untuk migrasi ikan dan organisme laut.

Sobat pelukis, ada banyak, dampak letak geografis Indonesia? Selain pengaruhnya yang banyak, keuntungan yang ditimbulkan oleh letak geografis Indonesia juga banyak, lho! Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Keunggulan letak geografis Indonesia

Nah sobat, kelebihan geolokasi Indonesia ini bisa dilihat dari efeknya, seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Jadi, kelebihan letak geografis Indonesia adalah:

1. Proses impor dan ekspornya mudah
Proses ekspor dan impor menjadi mudah karena Indonesia merupakan pusat pelayaran dan perdagangan internasional. Indonesia merupakan titik persinggungan antara perekonomian negara maju dan negara berkembang, sehingga memudahkan komersialisasi produksi di Indonesia.

2. Membantu perekonomian masyarakat
Banyak orang berkebangsaan asing yang berlayar dan kemudian singgah di Indonesia. Kehadiran mereka menambah pendapatan masyarakat sekitar yang berdagang di sekitar pelabuhan dan menyediakan shelter untuk disewakan.

3. Kemajuan di bidang sosial dan budaya
Negara asing mempengaruhi sosial budaya Indonesia untuk lebih maju. Pengaruh negara asing terhadap kemajuan Indonesia, misalnya dalam penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Akulturasi budaya juga membuat masyarakat dinamis dengan pengetahuan fashion dan gaya hidup yang populer saat ini. Demikian juga penggunaan bahasa asing dalam komunikasi sehari-hari menambah pengetahuan masyarakat.

4. Indonesia memiliki banyak sumber daya alam
Masuknya angin muson di Indonesia mempengaruhi iklim. Iklim tropis di Indonesia sangat ideal untuk berbagai proyek pertanian, pertanian, kehutanan, kelautan dan pariwisata.

5. Indonesia memiliki banyak ikan dan biota laut.
Arus latitudinal Indonesia (Arlindo) yang mengalir dari Samudra Pasifik ke Samudra Hindia menyebabkan perairan Indonesia memanas akibat proses naiknya air. Perairan hangat sangat menguntungkan bagi pengumpan, ikan, dan kehidupan laut.

Nah sobat, letak geografis Indonesia ini tidak hanya menguntungkan negara Indonesia saja, tetapi juga menguntungkan negara-negara asing khususnya negara-negara di kawasan Asia. Apa manfaatnya bagi negara-negara Asia? Yuk, kita lihat peta benua Asia selanjutnya!

Coba Anda Sebutkan Letak Geografis Indonesia
Coba Anda Sebutkan Letak Geografis Indonesia

Nah teman-teman, inilah beberapa kelebihan letak geografis Indonesia, khususnya untuk negara-negara di benua Asia:

1. Kapal-kapal dalam perjalanan tidak dikenakan pajak berdasarkan Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut.
2. Indonesia menjamin pelayanan dan keselamatan kapal asing yang melewati choke point strategis.
3. Letak Indonesia yang strategis memudahkan perdagangan dari negara-negara Asia ke Australia dan sebaliknya.
4. Letak Indonesia yang strategis memudahkan pemasaran produk manufaktur di negara-negara Asia.
5. Banyaknya investasi dari negara-negara Asia karena letak Indonesia yang strategis.

Wah ternyata Indonesia punya banyak kelebihan berkat letak geografisnya ya sob. Sebagai warga negara Indonesia, kita patut berbangga karena memiliki negara yang kaya dan memiliki banyak kelebihan. Padahal, ini masih menjadi keunggulan Indonesia hanya karena letak geografisnya, belum lagi keunggulan letak astronomis dan geologisnya. Wah, makin bangga dengan Indonesia tentunya.

Sampai jumpa di pembahasan Smart Geography Study selanjutnya ya sobat cerdas! Saya berharap Anda belajar yang bagus!

Gambar Gravatar
Berawal dari ketidaktahuan sehingga timbul keingintahuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *